In this category, all the courses have been developed for Siloam by Bodhi Health Edu.

Transfusi darah dan produk darah

Pengantar modul

Setiap Tahun jutaan orang membutuhkan transfusi darah. Transfusi darah tetap menyelamatkan nyawa dan sering diperlukan dalam beberapa kasus. Produk darah yang aman, digunakan dengan benar, dapat menyelamatkan jiwa. Namun, meskipun standar kualitas sangat tinggi, transfusi membawa beberapa risiko. Jika standar buruk atau tidak konsisten, transfusi mungkin sangat berisiko. Setiap rumah sakit harus memiliki prosedur operasi standar untuk setiap tahap proses transfusi klinis. Jadi sangat penting bahwa profesional kesehatan terutama perawat harus sadar tentang transfusi darah.

Tujuan:

Di akhir modul, perawat akan dapat:

  • Mendemonstrasikan keterampilan dalam transfusi darah dan produk darah lainnya

Instruktur: Ms. Neha Patiyal, Assistant Professor, Maharishi Markandeshwar University, Himachal Pradesh.  

Difasilitasi oleh: Maharishi Markandeshwar Deemed to be University, Mullana, Ambala.

Pencegahan komplikasi pasca operasi

Pengenalan modul

Komplikasi pasca operasi seperti namanya adalah komplikasi yang muncul setelah klien menjalani operasi. Ini tidak disengaja tetapi dapat terjadi jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan sebelum, selama dan setelah operasi. Komplikasi pasca operasi dapat menyebabkan banyak stres pada pasien, mempengaruhi lama tinggal di rumah sakit dan juga memiliki implikasi keuangan pada klien dan keluarga. Perawat memainkan peran penting dalam pencegahan beberapa komplikasi pasca operasi ini melalui penilaian dan pengamatan yang cermat. Oleh karena itu, sangat penting bagi perawat untuk memiliki pengetahuan yang mendalam tentang komplikasi pasca operasi, penyebab dan pencegahannya. Modul ini membahas beberapa komplikasi umum pascaoperasi, pencegahan dan penanganannya.

Tujuan modul: Pada akhir modul, perawat akan dapat

  • Menjelaskan komplikasi pasca operasi
  • Memberikan asuhan keperawatan yang cepat dan efisien untuk mengelola komplikasi pasca operasi

Instruktur: Ibu Pratibha Thakur, Dosen, MM College of Nursing

Fasilitas: Universitas Maharishi Markandeshwar (MMU), Mullana , Ambala .

Perawatan Kulit Untuk Mencegah Luka Tekan (Dekubitus)

Pengenalan modul

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh dan merupakan garis pertahanan pertama tubuh, melindungi struktur di bawahnya. Kulit memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan dan melindungi individu dari cedera. Perawatan kulit dan praktik higienis penting untuk pemeliharaan kesehatan. Luka tekan adalah cedera lokal pada kulit dan/atau jaringan di bawahnya biasanya di atas penonjolan tulang, sebagai akibat dari tekanan, atau tekanan dalam kombinasi dengan geser. Luka tekan merupakan perhatian utama bagi pasien dan staf kesehatan, dan memahami proses penyakit dan metode profilaksis sangat penting. Modul ini dirancang untuk membantu petugas kesehatan memahami tentang luka tekan dan pencegahannya.

 Tujuan Modul: Pada akhir modul, akan mampu

  • Menjelaskan faktor risiko dalam perkembangan luka tekan
  • mengidentifikasi area yang berisiko untuk ulkus dekubitus
  • Memahami dan menggunakan skala Braden untuk menilai risiko luka tekan
  • Terapkan teknik pencegahan luka tekan

Instruktur: Ms. Amoldeep, Associate Professor, MM Fakultas Keperawatan

Fasilitas: Maharishi Markandeshwar University (MMU), Mullana, Ambala.